Construct 2 - Jetpack Joyride Coin

May 27, 2016 in #Construct 2 #Coding | | | Share on Google+

Sudahkah kamu main game Jetpack Joyride ?
Pasti sudah dong, game endless run ini memang game yang cukup populer dulu.

Nah, pada hari ini, kita akan belajar membuat salah satu fitur dari game ini, yaitu fitur koin nya.
Gimana sih caranya membuat koin nya memiliki bentuk yang bermacam macam ?

Yuk kita pelajari.



Persiapan

Gak usah muluk-muluk dulu, kita akan coba membuat pola koin yang simpel . Misalnya, huruf X.
1.) Ukuran

Nah jika sudah, berapa ukurannya? misalkan 3x3.

2.) Visualisasi

Untuk mempermudah pembuatan pola, bayangkan bentuk koin yang kamu buat ke dalam kotak-lotak. Lihat gambar di bawah :

Kenapa diberi nomor? Untuk mempermudah saja.

3.) Isi data

Biar gampang diingat, ganti kotak yang terisi dengan angka 1, dan yang kosong dengan angka 0. Angka 1 merepresentasikan letak koin yang membentuk huruf 'X'.

Angka 1 merepresentasikan letak koin yang membentuk huruf 'X'

4.) Fungsi

Nah, tentu game kita tidak hanya bisa membuat huruf 'X' saja bukan? Harus bisa berbagai macam bentuk. Nah, supaya bisa memiliki kemampuan itu, digunakanlah fungsi / function1.

Penting!

Urutkan angka dari kiri ke kanan mulai dari atas, sehingga membentuk 101010101. Bingung? Lihat gambar di bawah :

gunakan fungsi agar bisa membuat koin dengan bentuk apapun.

5.) Buat Function

Klik kanan layout > insert new object > Function untuk memasukkan objek fungsi.

6.) Buat fungsinya.

Condition : System > On start of layout
Action : Function > Call function
Beri nama fungsi Buat Soal.

Sistem perlu tau kita mau membuat huruf berbentuk apa, dan berapa ukurannya. Caranya, berikan parameter2

7.) Parameter fungsi

Tambahkan parameter dengan memilih Add parameter

parameter 1 : panjang

parameter 2 : tinggi

parameter 3 : angka isian (Lihat lagi langkah 4)



Pembuatan Koin

8.) Assign bentuk

Setelah dipanggil, buat koin sesuai dengan parameter fungsi yang diberikan.

Condition : Function > On Function > "Buat Soal"

9.) Proses penataan koin

Buat local variable 3 width, height, dan pattern untuk menampung parameter yang dikirimkan. Lalu masukkan dengan System > Set value ketika fungsi dipanggil (langkah 1).

10.) Penyesuaian pattern

Buat koin sesuai dengan pattern dengan urutan seperti gambar di bawah.

Bagaimana caranya?
Gunakan FOR 4.

Diulangi berapa kali? Sebanyak width x height kali.

11.) Substring

Buat koin dengan cara melakukan pemotongan teks pada variabel pattern.
Gunakan ekspresi mid() untuk melakukan pemotongan, dengan parameter mid(asal_teks, karakter_ke_berapa, jumlah_yang diambil).

Parameter 1 : pattern
Parameter 2 : indeks perulangan (loopindex) 5

Jika masih bingung, berikut contoh hasil perulangan ke 0 sampai 2 :
mid(101010101, 0,1) >> hasil = 1

mid(101010101, 1,1) >> hasil = 0

mid(101010101, 2,1) >> hasil = 1

dan seterusnya hingga width x height kali.

12.) Lanjut baris berikutnya

Sejauh ini, kita berhasil membuat huruf X di baris pertama. Lalu bagaimana agar bisa 'turun' ke baris di bawahnya?

buat satu local variable lagi bernama countX untuk mengetahui apakah sudah perlu pindah baris berikutnya atau belum (ada di koordinat mana).

Misalnya, perulangan 1 ada di koordinat (1,1), perulangan 2 koordinat (2,1), dan seterusnya. Tambah nilai * *countX * setiap akhir perulangan dengan 1*

13.) Spawn

Langkah terakhir, spawn koin. Hasil dari langkah 8-13 adalah sebagai berikut :

Sebagai catatan, Pivot.X * dan Pivot.Y adalah lokasi (titik pusat) di mana kamu pengen *spawn koin yang kamu buat.



Kesimpulan

Dalam tutorial ini apa saja yang kita pelajari?

  • penggunaan fungsi dan parameter
  • penggunaan expression
  • penggunaan perulangan for

Kamu bisa mendownload versi .pdf dari tutorial ini (agak beda dikit) dan file .capx di sini.

Jangan lupa like fanpage BikinGame untuk update tutorial-tutorial terbaru.

FOOT NOTE :

  1. jika belum paham tentang function, baca di sini.

  2. tutorial saya tentang fungsi dan parameter, bisa mempelajari powerpoint saya mulai dari slide 28.

  3. dokumentasi

  4. baca powerpoint saya mulai dari slide ke 37.

  5. loopindex memberitahu sistem sudah berapa kali perulangan dilakukan

May 27, 2016 in #Construct 2 #Coding | | | Share on Google+