Pertanyaan tentang AI cukup banyak ditanyakan di forum.
Oleh karena itu saya berniat untuk mencoba memberikan solusinya tentang logika AI yang bagus namun dengan cara yang sangat simpel.

Musuh mengejar karakter dalam jarak tertentu

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan, kalau saya lihat.
Padahal cuma butuh satu buah event kondisi, yaitu dengan compare jarak (distance) antara karakter dengan musuh.

Hasilnya sebagai berikut :

Jika karakter sudah di luar 'jangkauan' musuh, maka ia otomatis berhenti mengejar.

Untuk game topdown, gunakan bullet behavior dengan cara yang sama, seperti yang pernah saya buat di game
Final Block Fantasy.

Karakter melompat otomatis

Sama dengan yang di atas, sebenarnya hanya butuh satu buah event.

Hasil :

AI platformer berjalan otomatis dan random

Kalau yang ini perlu sedikit trik, yaitu sebuah sprite tersembunyi yang memberitahu musuh harus melakukan apa.

Contoh :
Seperti yang dilihat, ada empat buah sprite yang memerintahkan musuh untuk bergerak sesuai dengan nilai instance variable yang dimiliki.

Topdown pathfinding dengan line of sight

Triknya di sini, adalah tidak menggunakan line of sight behavior, namun cukup menggunakan sprite. Karena lebih enak saat develop. Bisa kelihatan jauh dan lebar pandangannya.

  • untuk gerakan random, saya buat dengan behavior pathfinding

  • agar line of sight bisa bergerak-gerak (untuk simulasikan gerakan kepala yang melihat ke kiri dan ke kanan), digunakan behavior sine.

  • terus ketika karakter overlap dengan karakter, tinggal find path ke lokasi karakter,

Topdown waypoints

Ini digunakan untuk membuat musuh memiliki pola (pattern) gerakan tertentu. Bisa juga digunakan untuk AI game tembak tembakan pesawat.

Cara membuatnya hampir sama dengan cara nomor tiga.
Kita membuat sprite yang memberitahu musuh harus bergerak ke mana.

Dalam kasus ini, setiap sprite memiliki urutan 1-4, terus pick sprite tujuan, lalu set position bullet ke arah sprite tersebut.


Download Source Code

Kamu bisa download source code artikel ini di sini.
Jangan lupa untuk like facebook fanpage
Puntodamar dan BikinGame untuk mendapatkan update tutorial terbaru.


Pengen Nambah Ilmu Baru ?

Saya menulis buku berjudul "Bikin Game Tanpa Coding dengan Construct 2" yang bisa anda beli di toko buku terdekat.


sumber gambar header :
northmantrader.com