Pengenalan Awal

Plugin Local Storage pada awalnya diperkenalkan pada versi Construct 2 r202 (BETA) oleh Scirra, dimana Local Storage menggantikan posisi Webstorage sebagai plugin penyimpanan data.

Lalu mengapa mereka menggantikan Webstorage yang padahal penggunaan plugin tersebut justru tidak serumit Local Storage saat ini?

Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi yang sudah usang mulai ditinggalkan dan digantikan dengan teknologi baru yang lebih bermanfaat pastinya. Sama halnya dengan Webstorage, plugin penyimpanan yang satu ini sudah tidak didukung lagi oleh Chrome Web Store karena Webstorage melakukan semua hal seperti menyimpan data serta mengambil data secara serentak/bersamaan, tentu saja hal ini akan memberikan beban pada kinerja permainan kita, terutama bagi permainan yang menggunakan banyak sekali penyimpanan data ke dalam Webstorage.

Bahkan Webstorage sendiri hanya dapat menyimpan total data paling banyak 5mb, beda halnya dengan Local Storage yang dapat menampung data hingga 50mb, bahkan bisa lebih jika sudah meminta izin dari pengguna.

Begitu pula dengan perbedaan cara penyimpanan antara Webstorage dan Local Storage. Saat kita menyimpan data berupa angka ke dalam Local storage, maka yang akan kembali kita dapatkan tetap berupa angka, sedangkan Webstorage justru yang kita dapatkan berupa string/teks, tentu saja hal ini akan dapat mengakibatkan terjadinya kesalahan dalam permainan seperti seringnya muncul keterangan NaN (Not a Number).

Menerapkan Local Storage

Sebelum kita menuju ke tahap penerapan, ada baiknya bila kita mengetahui bagaimana proses kerja Local Storage ini.

Ada tiga tahap inti yang perlu kita terapkan agar proses Local Storage dapat berjalan dengan lancar.
Pertama, tahap pengecekan keberadaan item yang akan digunakan (Check), lalu tahap pengambilan item tersebut (Get), dan yang terakhir menetapkan item tersebut pada variable permainan (Set).

Ketiga tahap tersebut harus kita terapkan dalam permainan kita agar semua data yang sudah kita simpan dapat kita ambil kembali nantinya.

Sebagai contohnya saya akan menjelaskan bagaimana cara menerapkan Highscore menggunakan Local Storage.


Buka proyek Construct 2 kamu, selanjutnya tambahkan plugin Local Storage
Buat layout baru dengan nama Loading yang nantinya akan digunakan =-'sebagai tempat pertama untuk mengecek dan mengambil data yang ada pada Local Storage. Dan ubah First Layout yang ada pada Project Settings menjadi layout Loading.

Berikutnya buka event sheet layout Loading kamu tadi, lalu ikuti event dari screenshot berikut, perlu diingat untuk proyek yang menggunakan highscore berikutnya harap mengganti nama item yang dipakai, agar tidak terjadi penimpaan nama item dan isinya.
Dimana pada awal layout itu dimulai, Local Storage akan mencoba mengecek/memanggil item dengan nama "NilaiTertinggi", jika item tersebut ada, maka Local Storage akan mengambil data yang tersimpan, jika sudah diambil dan berhasil, maka sistem akan menerapkan data yang ada ke dalam Global Variable Highscore, jika item yang dipanggil tidak ada, maka Local Storage akan membuat item tersebut dengan data yang sekarang ada di Global Variable Highscore.

Lalu yang terakhir, tambahkan kondisi perbandingan antara variable nilai dan highscore yang ada pada event sheet untuk layout game kamu.
Disini saya membuat perbandingan apabila nilai yang ada pada variable Skor lebih besar daripada nilai yang ada pada variable highscore maka Local storage akan mengambil nilai tersebut dan menyimpannya ke dalam item "NilaiTertinggi", serta sistem juga ikut mengambil nilai tersebut dan menerapkannya ke global variable Highscore.

Semua kondisi yang ada pada event sheet Loading dan game bisa kamu ganti sesuai dengan keinginan kamu sendiri. Bila ada pertanyaan atau tanggapan bisa kamu berikan melalui kolom komentar di bawah ini.