Dalam tutorial kali ini, kita akan belajar membuat sistem inventory sederhana. Inventory yang dibuat bertipe slot kotak-kotak.

Tutorial ini membutuhkan lisensi berbayar karena menggunakan sistem family. Bagi yang gak punya, projectnya masih bisa dibuka dan dipakai kok. Cuma harus buat event untuk semua item.


Persiapan

Objek yang dibutuhkan :

1.) Bag

  • instance variable :
    • bagNO (number|N) --> slot bag ke N
    • used (boolean|true) --> ditempati atau tidak

2.) Inventory

  • instance variable :
    • invNO (number|N) --> slot inventory ke N
    • used (boolean|false) --> ditempati atau tidak

3.) Weapons (Family)

  • instance variable :
    • bagNO (number|0) --> ada di slot bag ke berapa
    • invNO (number|0) --> ada di slot inventory ke berapa
    • originalX (number|0) --> simpan lokasi X
    • originalY (number|0) --> simpan lokasi Y
  • behavior :
    • drag n drop

Alur

Awalnya, semua weapon ada di dalam bag, sehingga used = true. bagNO dimulai dari kiri ke kanan 1 sampai N. Set bagNO setiap weapon ke bag-nya masing-masing.

Sebaliknya, used milik Inventory awalnya false.


Bag ke Inventory

1.) On drop

  • Ketika drop ke area inventory, dan inventory itu kosong, pindahkan ke sana.
  • set referensi inventory

2.) Kosongkan bag

Karena weapon udah pindah dari bag ke inventory, maka perlu dikosongkan agar bisa ditempati weapon lain. Gunakan referensi bagNO yang tadi disimpan.

Inventory ke Bag

Bagian ini tinggal dibalik aja. Caranya sama.


Hasil

Hasil akhir dari tutorial ini sebagai berikut :

Sampai pada tahap ini, masih belum selesai. Yang kita buat hanya perpindahan dari bag-inventory dan inventory-bag. Bagaimana jika dari bag-bag dan inventory-inventory? Apakah masih berjalan dengan baik?


Pengen belajar lebih dalam?

Bagi yang tertarik, saya telah menulis buku 'Bikin Game Tanpa Coding dengan Construct 2' yang dapat dibeli di toko buku.