Untuk membuat game lebih realistis, dibutuhkan banyak sekali efek untuk mendukungnya. Nah, salah satunya adalah efek damage berupa darah. Efek ini mudah sekali untuk dibuat.

Menggunakan Blend Mode

Blend mode mengatur bagaimana suatu sprite digambar di canvas layout dengan background dan sprite yang lain. Di example capx nya, ada banyak blend yang bisa digunakan. Silakan cek sendiri.

Efek yang kita pakai adalah Additive.
Seperti di gambar, efek ini digunakan untuk mencampur warna.
Hasilnya seperti di bawah.

via GIPHY


Menggunakan Plugin Paster

Plugin ini digunakan kalau mau efek yang permanen. Maksudnya, tidak seperti yang pertama (fading), efek darahnya akan tetap ada.

Ini digunakan supaya gak terlalu banyak objek sprite, sehingga gak terlalu ngelag. Karena cuma sebagai pemanis, langsung aja gambar image nya di canvas.

Event nya cuma seperti ini :

Pertama bersihkan dulu canvasnya, baru paste gambar ke canvas.

Hasil :

via GIPHY

Download source code di sini.