Kali ini kita akan membuat macam-macam efek air untuk game platformer.
Langsung saja, pertama buat dulu sebuah layout platform simple dengan sebuah lubang tempat efek airnya.


Efek 1 : Water

1.) Buat sprite Water dengan tiga buah warna secara berlapis (makin ke bawah makin tua). Ini untuk membuat efek air yang terkena sinar matahari.

2.) Tambahkan efek Water, dengan property :

  • Speed = 2
  • X speed = 2
  • Y speed = 2
  • intensity = 3
  • frequency = 10
  • angle = 10
  • delta = 30
  • reflectivity = 200
  • emboss = 10

Itu apa?
Baca sendiri deskripsi property nya untuk tau apa fungsinya.

Hasilnya akan seperti ini :

Preview :


Efek 2 : Warp Mask

Di sekolah, kita dulu belajar kalau pantulan benda di dalam air beda dengan pantulan di udara. Hal itu menyebabkan pensil yang terlihat bengkok

Fungsi efek ini adalah untuk membuat hal itu. Apalagi jika airnya bergerak (sungai) akan lebih realistis.

Caranya sama dengan efek pertama tadi. Isikan property seperti berikut :

  • X frequency = 100
  • Y frequency = 100
  • X amplitude = 1.5
  • Y amplitude = 1
  • X speed = 2
  • Y speed = 2

Hasilnya :

Tanpa warp mask :


Efek 3 : gerakan melambat

Lihat lagi GIF di atas, waktu di air kecepatan berjalan dan melompat jadi lambat. Hal ini menambah efek realistis.
Ini cuma tinggal mainan property platform si karakter.


Efek 4 : cipratan & gelembung air

Saat nyemplung ke sungai, ada air yang nyiprat ke luar. Selanjutnya, ada busa-busa air yang muncul di sekitar karakter.

Ini cuma mainan partikel.

Event :

Kalau mau lebih realistis, bisa dicek dulu saat nyemplung ke air karakter lompat dulu atau tidak. Seharusnya kalau pakai lompat, cipratan airnya lebih besar.


Nah, itu tadi beberapa efek air untuk membuat game platformermu lebih realistis.
Terakhir, berikut tampilan jika air ada di belakang ground.
Kira kira bagus yang mana?

Source code dapat didownload di sini.