Pengertian

API (Application Programming Interface) adalah sekumpulan perintah, fungsi, serta protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi.

Gampangnya, API digunakan untuk mempermudah programmer melakukan suatu operasi tertentu. Kita tinggal memanggil suatu fungsi > diproses sistem API > API mengembalikan hasilnya.

Hasilnya, API mempermudah, mempercepat, dan menyederhanakan coding yang kita buat.

Contoh :
Facebook memiliki versi mobile (Android dan IOS) dan WEB. Kemudian facebook juga memungkinkan kita juga dapat membuat aplikasi sendiri yang memanfaatkan facebook, misalnya melihat friendlist user. Hal itu dimungkinkan karena facebook memiliki API.


Implementasi PHP

Nah, sekarang kita akan membuat sebuah aplikasi unity sederhana yang melakukan akses terhadap API server. Di sini, saya menggunakan XAMPP sebagai virtual server di laptop saya.

Oh iya, untuk bisa membuat API kamu harus memiliki kemampuan :

  • PHP untuk transaksi data
  • SQL untuk mengambil data dari database

Jika belum bisa PHP, kamu bisa belajar di berbagai kursus online. Kalau cari bahasa indonesia, bisa di Codepolitan atau Codesaya.
Sedangkan untuk SQL bisa di W3Resource (bisa juga belajar PHP), di sana sudah ada sampel database disertai latihan soal dan jawabannya.

Selanjutnya, untuk mencoba sistem PHP yang dibuat, kita gunakan plugin chrome Postman.


Karena saya malas membuat database baru, dalam contoh ini kita pakai seadanya di laptop saya. Data yang akan kita pakai adalah sebuah tabel Matakuliah.

1.) koneksi database

Setelah menyalakan Apache dan Mysql XAMPP, buat folder baru di htdocs, letakkan semua file .php di sini. Buat file dengan nama koneksi.php

Di sini, kita menghubungkan file php dengan database kampusku, dengan username root dan password ''. Nanti setiap kita membuat file php yang ingin bertransaksi data dengan database, kita include file ini ke dalamnya.

2.) GET

ambilsemuamatkul.php (GET) Di sini kita mengambil data semua matakuliah. Kemudian jika ada suatu error, kita juga memberikan pemberitahuan agar tidak ada bug di aplikasi unity.

Berikut hasilnya di Postman :

Hasil juga ada error. Dalam hal ini salah melakukan query (database mtkul tidak ada) :

3.) POST

ambilsatumatkul.php

Script ini akan mengambil satu matakuliah dengan kode tertentu. Kode ini dikirim oleh Unity dalam format JSON. Parameter yang dikirimkan akan menjadi parameter query database (line 8).

Setting Postman dan hasilnya :


Implementasi Unity

4.) include plugin

Sebelumnya, masukkan dulu plugin JSON Object dari Asset Store untuk mempermudah.

Jangan lupa membaca README dulu agar tau bagaimana cara menggunakannya.

5.) Class Matakuliah

Agar lebih rapi dan mudah digunakan nantinya, kita buat class Matakuliah yang menampung data matakuliah.

6.) GET

Tadi kita sudah membuat API dengan PHP. Sekarang kita akan mengaksesnya dari unity.

GET.cs

  • di sini kita mengakses API dengan objek WWW, kemudian kita proses data kembaliannya di function accessData().

  • kirim request dengan method GET.

  • kita taruh proses ini di dalam IEnumerator karena kita perlu menunggu kembalian data dari server.

  • setelah mendapatkan kembalian, kita cek dulu status codenya. Jika hasilnya selain 200 maka ada kesalahan. Entah salah URL atau kesalahan di API nya.

Hasil console :

7.) POST

POST.cs

  • masukkan parameter berupa kode untuk kode matakuliah.
  • kirim ke API dengan method POST

Hasil console :


Oke pembuatan API dan request lewat Unity telah selesai kita buat. Sekarang tinggal belajar cara melakukan query SQL untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Download source code unity.

Download source code PHP.