Ukuran layar merupakan salah satu hal paling utama yang harus dipikirkan oleh para pengembang permainan, apakah orientasi layarnya tegak (portrait) atau tidur (landscape).
Ukuran setiap smartphone yang digunakan oleh pengguna saat ini pada umumnya berkisar antara 480x800 pixel, 720x1280 pixel, dan 1080x1920 pixel. Di karenakan ukuran layar yang berbeda-beda, tentu kita harus mengantisipasi agar tidak terjadi potongan pada layar permainan yang kita rancang untuk smartphone.

Agar hal tersebut tidak terjadi, terdapat beberapa hal yang mesti kamu ikuti seperti berikut ini.

Butuh bantuan pembuatan game Construct 2 dengan biaya ringan, cepat, dan berkualitas tinggi?

Kunjungi studio.arcadesindo.com dan lihat keunggulannya!

Mengatur Window Size menjadi resolusi HD

Resolusi yang digunakan yaitu720x1280 untuk Potrait, dan 1280x720 untuk Landscape. Kamu dapat mengatur Window size pada bagian Project Properties, tepat nya pada kolom Project Settings.

Mengatur mode Fullscreen

Berikutnya ialah mengatur mode fullscreen yang harus digunakan, yakni Scale Outer. Kamu dapat mengatur mode fullscreen ini pada bagian Project Properties tepatnya Configuration Settings. Pastikan pula kamu sudah mengatur mode orientasi permainan kamu.

Download game kami : Fruitamin

Mengubah parameter Unbounded Scrolling setiap Layout

Agar fungsi Scale Outer dapat berjalan, kamu harus mengubah parameter Unbounded Scrolling pada setiap Layout yang kamu gunakan. Kamu bisa menemukan parameter ini pada Layout Properties, dengan cara menekan sembarang area kanvas layout. Ubah parameter Unbounded Scrolling dari NO menjadi YES. Harap ingat untuk mengubah paramater ini pada setiap layout.

Memastikan Layout Size

Kamu juga harus memastikan berapa ukuran layout yang kamu gunakan, pastikan kamu menggunakan ukuran layout yang tidak lebih kecil dari atau sama dengan Window Size yang tadi kamu sudah atur.

Mengatur ukuran background permainan

Sebenarnya Construct 2 tidak dapat benar-benar memastikan bahwa permainan yang kita rancang bisa sesuai di setiap ukuran layar smartphone. Bahkan apabila kamu hanya menggunakan langkah-langkah di atas tadi, juga tidak dapat benar-benar memastikan akan sesuai di setiap layar smartphone.

Download game kami : Dasar Negara

Agar dapat benar-benar sempurna, kita perlu memberi dorongan bantuan pada sistem. Yakni dengan cara mengubah ukuran background pada permainan kamu menjadi sedikit lebih besar dari Window Size yang tadi kamu atur.
Pastikan ukuran background kamu di setiap layout lebih besar 100px dari window size, Potrait (820x1380), Landscape (1380x820). Hal ini tidak berlaku apabila kamu menggunakan Layer Background Color.

Gunakan Mozilla Firefox Web Responsive View

Untuk mencoba tampilan permainan kamu tanpa harus di porting terlebih dahulu, cukup gunakan Mozilla Firefox Web Responsive View dengan cara menekan kombinasi tombol CTRL+SHIFT+M

Artikel Pendukung