Sebelum kalian membuat dan mendesain suatu game, sebaiknya kalian harus tahu terlebih dahulu komponen apa aja sih yang terdapat pada game kalian.

Kali ini kita akan mencoba untuk melakukan dekomposisi formal dari sebuah game.

Kita bisa melihat dari berbagai sudut pandang, seperti teori yang sudah dikemukakan oleh Jesse Schell , seorang akademisi dari amerika serikat dalam bukunya "The Art of Game Design" yang menjelaskan teori yang disebut juga dengan Empat Elemen utama seperti:

  • Mekanika

    Gameplay dari sebuah game.

  • Estetika

    Representasi Audio-Visual dari sebuah game.

  • Teknologi

    Teknologi yang digunakan dari sebuah game

  • Cerita

    Experience dari sebuah game.

Mekanika

Mekanika adalah sebuah inti dari sebuah permainan tertentu. Dikomposisikan kembali komponen mekanika tersebut dengan teori yang dijelaskan oleh Tracy Fullerton, seorang akademisi dari amerika serikat juga, dalam bukunya "Game Design Workshop" dimana Mekanik tersebut bisa dibagi ke dalam 4 komponen besar yang nantinya akan dibagi menjadi 10 komponen kecil. Empat komponen besar tersebut ialah:

  • Player

    Merepresentasikan identitas pemain di dalam game tersebut.

  • Rules

    Sebuah batasan mengenai apa yang bisa dilakukan pemain dan tidak.

  • Goals

    Motivasi pemain sepanjang permainan.

  • Challenge

    yang menghalangi pemain untuk mencapai goals tersebut.

Pastikan gameplay yang kalian rancang memenuhi semua komponen tersebut.

Estetika

Estetika adalah sebuah representasi dari audio-visual dari sebuah game itu sendiri. Semua estetika tersebut harus mendukung dari experience yang akan kalian inginkan pemain punya selama permainan berlangsung. Bagian ini akan dijelaskan pada artikel selanjutnya.

Teknologi

Teknologi di industri game terus berkembang sangat pesat, tetapi tidak seluruh teknologi terbaru dapat menjual sebuah game. Kalian harus memilih secara baik, mempunyai dasar yang kuat, serta benar benar memahami agar bisa benar benar menggunakan teknologi dengan tepat guna.

Penggunaan teknologinya bisa dilihat di konten Coding dalam BikinGame.com.

Cerita

Cerita yang dimaksudkan adalah sebuah motivasi serta sifat manusia apa yang ingin manipulasi dan targetkan dalam game yang kalian buat.

Menurut Teori McClelland's Human Motivation Theory, terdapat tiga buah aspek motivasi yang dominan yang dimiliki oleh manusia:

  • Achievement

    Achievement adalah sebuah aspek motivasi yang sangat mudah untuk dimanipulasi, ada pun beberapa karakteristik orang yang bisa menjadi target dalam melakukan manipulasi aspek Achivement, seperti:

    • Memiliki keinginan yang kuat untuk merencanakan dan memenuhi tujuan yang cukup menantang.
    • Menghitung semua resiko ketika memenuhi tujuan mereka.
    • Senang untuk menerima feedback secara rutin untuk mengetahui progress dan achievement yang telah mereka punya.
  • Affiliation

    Affiliation adalah sebuah aspek motivasi yang lebih mudah dimanipulasi ke game yang mengandung unsur sosial didalamnya, ada pun beberapa karakteristik orang yang bisa menjadi target dalam melakukan manipulasi aspek Affiliation, seperti:

    • Mempunyai keinginan untuk masuk ke dalam suatu golongan
    • Ingin disukai, akan mengikuti apapun yang disuruh oleh grup yang diinginkan.
    • Lebih menyukai kolaborasi dibandingkan kompetisi.
    • Tidak menyukai resiko tinggi dan hal yang bersifat tidak pasti.
  • Power

    Power adalah sebuah aspek primitif yang dimiliki oleh manusia yang sudah dimanipulasi sejak manusia pertama kali hadir di muka bumi, ada pun beberapa karakteristik orang yang bisa menjadi target dalam melakukan manipulasi aspek Power, seperti:

    • Memiliki perasaan untuk ingin mengendalikan dan melakukan influence ke pada orang lain.
    • Menyukai dalam memenangkan argumen.
    • Menyukai kompetisi dan memenangkan sesuatu.
    • Menyukai status sosial dan recognition.

Cara untuk memanipulasinya akan dibahas di artikel selanjutnya.

Diharapkan ketika kalian ingin membuat game, pastikan seluruh komponen yang telah dijelaskan agar lebih sistematis ketika mengembangkan lebih lanjut ide dari yang kalian punya.

Mungkin sekian dulu yang bisa dijelaskan, akan terdapat lanjutan pada materi selanjutnya, ditunggu ya!

Selamat membuat game!