Kali ini kita akan membahas teori berkaitan dengan pemrograman. Hal yang paling mendasar adalah tentang class dan objek.

Class

Class dapat diibaratkan sebagai rancangan atau cetakan untuk membuat objek. Sehingga, objek adalah benda hasil pembuatan menggunakan class tadi. Nah, proses membuat objek (instance) menggunakan dinamakan instansiasi.

Contoh di dunia nyata, kita akan membuat kue berbentuk Hello Kitty. Cetakan kue adalah class, dan kue adalah instance. Di dalam game, tentu saja class digunakan untuk merepresentasikan karakter atau benda apapun (kendaraan, senjata, dll). Sehingga, memahami class dan objek menjadi sangat penting dalam pembuatan game dan pemrograman pada umumnya.

Sebuah class dapat memiliki :

  • property / atribut = informasi tentang class itu
  • method = perilaku / kemampuan

Contoh sebuah class adalah sebagai berikut :

Kemudian, cara inisialisasi seperti biasa :

Penting diingat bahwa dari satu cetakan, kita dapat membuat kue sebanyak apapun. Sehingga, dari satu class kendaraan kita dapat membuat banyak objek juga.


Encapsulation

Encapsulation (enkapsulasi) adalah teknik menyembunyikan informasi penting dari suatu class. Encapsulation menghasilkan fleksibilitas dan mengurangi coupling (ketergantungan) antar bagian program. Jika salah satu mengalami perubahan, bagian yang lain tidak perlu atau hanya sedikit berubah.

Enkapsulasi berasal dari kata "kapsul". Jika kita meminum obat dari kapsul, kita tidak tau isi obat di dalamnya (bentuk, warna, rasa) karena tersembunyi di dalam kapsul. Begitu juga fungsi dari enkapsulasi.

Access Specifier digunakan untuk mengetahui bagian apa saja dari class yang dapat di akses. Access specifier yang sering digunakan dalam Unity adalah :

  • private = hanya dapat diakses oleh class itu sendiri
  • public = dapat diakses dari mana saja
  • protected = dapat diakses oleh class itu sendiri dan "anaknya" (lewat inheritance)

Jika tidak dispesifikan, secara default, property / method akan diberikan akses private.

Ketentuan umumnya :

  • seluruh property sebaiknya diset private. Untuk mengubahnya menggunakan method yang diset public (lihat gambar di bawah). Method ini berperan sebagai getter (untuk melihat nilai) atau setter (untuk merubah nilai)

  • property dapat menjadi selain private jika digunakan untuk inheritance atau konstanta.


Method

Method merupakan kemampuan yang dimiliki class. Kemampuan itu bisa sekedar getter dan setter untuk suatu property, hingga menjalankan suatu perintah / kemampuan khusus.

Sama seperti property, method juga dapat diberikan access specifier untuk membatasi penggunaannya.

Jika berperan sebagai getter, dalam deklarasi method wajib menspesifikan tipe data dari data yang akan dikirimkan. Tidak lupa juga untuk melempar kembali data dengan return ke sesuatu yang memanggilnya. Akan tetapi jika tidak mengembalikan apa apa, diberikan penanda void.


Constructor

Constructor adalah method yang dijalankan ketika melakukan instansiasi. Jika tidak memiliki constructor, maka akan digunakan constructor default. Nama method dalam constructor haruslah sama dengan nama class-nya.

Kelebihan membuat constructor sendiri adalah kita bisa memberikan parameter dan kemudian mengganti nilai property milik class tersebut.


Materi Terkait