Construct 2 - Mengulik Lebih Jauh Tentang Image Point Origin

March 09, 2018 in #Coding #Construct 2 | | | Share on Google+

Image Points digunakan untuk mereferensikan titik-titik penting di dalam sebuah Sprite. Secara default, setiap Sprite akan memiliki sebuah image point di tengah-tengahnya (lihat gambar di bawah). Image point ini tidak bisa dihapus.

Image point dapat digunakan untuk berbagai hal. Contoh umumnya adalah untuk membuat fitur menembakkan peluru. Dengan menggunakan image point, kita bisa menyesuaikan peluru dikeluarkan di lokasi tertentu di dalam Sprite.

Dalam gambar di atas, bisa dilihat pada pesawat merah, laser ditembakkan dari image point 0, sedangkan pada pesawat biru ditembakkan dari moncong pesawat.



Bagaimana jika posisi origin berubah?

Dengan mengotak-atik posisi image point origin, hasil ketika Sprite diberikan behavior atau event pun akan berbeda. Origin juga dapat kita sebut sebagai titik pusat dari Sprite.

Contohnya jika kita menambah panjang (width), maka pertambahan panjang bergantung dari lokasi titik pusatnya.

Dalam gambar di atas, ketika menambah panjang width Sprite dengan posisi origin di tengah akan bertambah panjang ke dua arah (kiri dan kanan) secara merata. Tapi jika origin berada di ujung kiri, maka hanya akan bertambah panjang ke kanan.

Hal yang sama juga terjadi jika kita merotasi Sprite. Bagaimana dia berputar akan bergantung dari posisi origin.

Nah, kira-kira apa lagi perbedaannya? Silakan kamu coba-coba sendiri!



Download Source Code

File .capx dapat didownload di sini.

March 09, 2018 in #Coding #Construct 2 | | | Share on Google+