Unity - Minimap dengan Icon (Part 2)

April 15, 2018 in #Coding #Construct 2 | | | Share on Google+

Dalam tutorial yang sebelumnya, kita telah belajar membuat fungsi-fungsi dasar pada minimap. Sekarang kita akan mengembangkannya lagi agar memiliki tampilan mirip minimap dalam game GTA.

Dalam implementasinya, kita akan melakukan akal-akalan dalam Culling Mask di dalam properti MinimapCamera. Seharusnya, mungkin kamu perlu membuat shader atau semacamnya (saya juga belum tau caranya) agar peformanya lebih bagus.



Pengaturan Tampilan Worldmap

Bentuk-bentuk dan warna yang ditampilkan dalam minimap kita buat dengan menambahkan Canvas sebagai child dari GameObject yang ingin kita berikan icon. Gambar di bawah adalah contoh dari icon untuk karakter utama. Dalam tutorial ini, Canvas yang dipakai akan saya beri nama MinimapIcon.

Setelah ditambahkan, ubah Render Mode menjadi World Space. Pada saat menambahkannya, ukuran mungkin Canvas akan menjadi besar sekali. Berikut pengaturan milik saya :

Setelah menambahkan Canvas, tambahkan Image ke dalamnya sebagai tempat untuk menampilkan icon. Kebalikan dari proses tadi, gambar mungkin akan sangat kecil tergantung pengaturan. Kalian bisa ganti Pixel Per Unit file gambar itu menjadi 100.

Setelah itu tinggal kamu sesuaikan sendiri aja agar sampai tampilannya bagus.

Kemudian dengan cara yang sama, lakukan berulang-ulang untuk semua objek yang ingin kamu tampilkan di minimap.



Pengaturan Layer

Pembagian Layer dipakai untuk mengatur apa saja yang dapat ditampilkan di dalam minimap. Pertama, klik parent objek dan letakkan ke dalam Layer "Game", kemudian khusus untuk MinimapIcon, letakkan ke dalam Layer "Minimap".

Lakukan penggantian layer untuk semua GameObject.


Pengaturan Culling Mask

Culling Mask mengatur objek di dalam Layer apa saja yang dapat dilihat. Khusus untuk MinimapCamera, ganti menjadi Minimap saja.

Jika kamu mengikuti tutorial dengan benar, tampilan minimap akan menjadi seperti di bawah. Di sini saya menggunakan gambar yang berbeda-beda untuk tiap objek.

Jika kamu ingin 'tanah' di dalam minimap memiliki warna yang berbeda, Tambahkan saja Plane berwarna hitam sebesar ukuran Ground, dan letakkan di bawahnya (jangan lupa set layernya). Hasilnya akan menjadi seperti berikut :

Bangunan Statis

Untuk tampilan objek-objek statis (misalnya laut, bangunan, dan lain-lain) kamu bisa mendesain dulu tampilannya di Photoshop, lalu gunakan untuk menggantikan Plane hitam yang tadi. Contohnya seperti di tutorial berikut.



Download Source Code

Source code dapat di download di sini. Pastikan kamu sudah melakukan import source code dari tutorial yang pertama.

Dalam tutorial selanjutnya, kita akan menambahkan script untuk membuat icon-icon penting (misalnya main quest) yang posisnya jauh akan tetap terlihat di pinggir minimap. Sehingga, kita tetap bisa tau arahnya ada di mana.

April 15, 2018 in #Coding #Construct 2 | | | Share on Google+